Selasa, 10 Agustus 2010

karnaval ngawi 2010

Ngawi sebuah wilayah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Ngawi. Kota kabupaten ini terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah

Ngawi, kota sepi yang mendadak berubah menjadi ramai. ada apa gerangan??
hari itu 7 agustus 2010. semua warga kota ngawi tumpah ruah ke jalanan. berderet deret duduk di pinggir jalan, bukan mendadak ingin menjadi gelandangan. tetapi siang itu ada acara tahunan yang sudah menjadi adat kota Ngawi, "Pawai pembangunan" atau biasa di sebut "karnaval". tahun ini acara itu sedikit dipercepat karena bertabrakan dengan datangnya bulan ramadan.

semua yang tergabung di dalam SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, bahkan ORMAS yang ada di kota ngawi berlomba lomba membuat karya yang di lombakan pada karnaval itu. kemenangan bukanlah yang mereka cari, tapi mengikuti acara tersebut sudah menjadi suatu kebanggan tersendiri.


siang itu terasa panas luar biasa, tentunya ramai sekali. .
saya membuat janji menonton dengan teman saya. kami membuat janji bertemu di Taman Makam Pahlawan di jalan Diponegoro. mungkin karena saya berangkat terlalu siang, jalanan sudah macet layaknya jalan jalan kota besar di negeri ini. memarkir motor bukanlah keputusan yang salah karena saya rasa sudah tak mungkin mengendarai motor di jalanan seperti ini. saya parkirkan motor saya di SLB. berjalan ingin menemui teman yang menonton di dekat situ. sulit sekali rasanya menemukan teman saya, banyak sekali orang. orang orang menonton bersama teman temannya, keluarganya, banyak pula yang bergandeng tangan layaknya dua kumbang yang sedang di mabuk asmara.
tak dapat menemukan teman, saya melihat pertunjukan itu dengan penuh keingah ingihan . . .

cheeeeeerrrs . . . .

reog ponorogo milik kita. bukan milik negara ciprit itu!!!

1 komentar: